CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Feb 25, 2012

Carilah, Semuanya Telah Disiapkan Untukmu

Sepenggal kisah :

Di sebuah keluarga, ada seorang anak kecil sedang asyik bermain di lantai. Ibunya sedang menyulam kain di atas kursi. Anak itu terheran-heran kepada ibunya, lalu dia bertanya, “Bu, ibu sedang apa? Kok jahitnya berantakan? Kan jelek.” Dengan lembut ibunya menjawab, “Kamu teruskan saja bermainnya dulu, nanti kalo sudah selesai akan ibu beritahu.”
Setelah selesai merajut, sang ibu memanggil anaknya dan memperlihatkan hasil sulamnya. “Ini dia yang tadi ibu jahit nak.” Kata sang ibu sambil menyodorkan hasil rajutannya bermotif bunga dan lebah. “Wah, bagus sekali Bu! Tapi kok tadi aku lihat benang-benang yang Ibu jahit kusut berantakan?” Tanya sang anak. “O, tadi kamu melihatnya dari bawah nak, jadi tampaknya kusut. Jika kamu melihatnya dari atas, akan tampak indah seperti ini”, jawab ibunya.
Sahabat sekalian, seringkali kita berada dalam kondisi seperti anak pada kisah di atas. Kita melihat benang-benang kehidupan kita tampak sangat kusut dan berantakan. Barangkali beberapa di antara kita ada yang protes  “Ya Allah kenapa hidup saya seperti ini? Kenapa masalah saya sangat berat? Kenapa hal ini terjadi pada saya?” dan keluhan-keluhan lain yang sejenisnya.
Pada saat kita mengeluh, kita seperti anak pada kisah di atas. Melihat rajutan benang-benang hidup kita dari bawah, tampaknya memang kusut dan berantakan. Sampai-sampai kita berpikir, sebenarnya hidup saya ini mau dibuat seperti apa oleh Tuhan? Silih bergantinya pengalaman sediha, kecewa, pahit dan manis membuat kita semakin khawatir, seperti apakah takdir saya 5 atau 10 tahun yang akan datang?
Sahabat, yakinlah bahwa sesungguhnya Allah SWT telah membuat rajutan yang mahaindah untuk hidup kita. Maka kelak kita akan dipanggil dan diperlihatkan oleh-Nya hasil rajutan yang telah dibuat dari benang-benang kehidupan kita. Kelak kita akan melihat bahwa pengalaman yang kita rasakan sangat pahit ternyata turut memberikan warna bagi rajutan hidup kita dan kita akan sangat berterima kasih kepada Allah.

Sahabat, teruslah bergerak karena dengan bergerak akan menandakan bahwa kita masih hidup. Putus asa dalam menghadapi problematika hidup bukanlah solusi yang baik. Carilah takdirmu, karena semuanya telah disiapkan untukmu oleh Allah SWT dan Dia tidak akan mengubah nasibmu kecuali kamu yang bergerak untuk mengubahnya.

Sahabat, yakinlah bahwa Allah SWT tidak akan menyia-nyiakan kamu. Berusahalah, karena setiap manusia kelak tidak akan diberikan sesuatu melainkan atas apa yang telah diusahakannya.

(Oleh: Wandi  W)

No comments:

Post a Comment