CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Nov 12, 2011

Review buku Yang Berjatuhan Di Jalan Dakwah buku Fathi Yakan


Pada dasarnya dakwah Islamiyah merupakan proses altahawwul wa al-Taghayur(tarnsformasi dan perubahan) dari yang tidak baik ke arah yang baik dan dari yang baik ke arah yang lebih baik lagi, hingga terbangun kehidupan individu dan kemasyarakatan yang islami.

Fenomena berjatuhan di jalan dakwah dipicu oleh beberapa sebab, bukan hanya satu sebab.
Pertama : Sebab-sebab yang Bersumber dari Pergerakan

1. Lemahnya Aspek Tarbiyah
Aspek tarbiyah dalam suatu pergerakan terkadang hanya mendapat porsi yang terbatas. Aspek-aspek lainnya, seperti administrasi organisasi, dan politik mengalahkan segala hal. Kalangan yang kerap kali terjebak seperti itu adalah para pemimpin, administrator, dan orang-orang yang memegang urusan politik dan sosial.
Suatu hari Umar bin Abdul Aziz mengirim surat kepada Ady bin ady. Isi surat tersebut adalah sebuah nasehat: ” Iman itu memiliki beberapa kewajiban, syariat, batasan, dan kebiasaan. Siapa yang menyempurnakan semua itu, sempurnalah keimanannya. Dan siapa yang tidak menyempurnakan semua itu, maka Imannya tidak sempurna. ”
Karena itu, manhaj pembinaan harus selalu di kaji, serta disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi yang dilalui oleh pergerakan. Aktivitas tarbiyah tidak boleh berhenti atau terputus karena adanya situasi darurat, atau karena perhitungan dari salah satu aspek operasional. Seluruh anggota pergerakan, tanpa kecuali wajib mendapat kontrol tarbawy dengan mekanisme tertentu.
Ikatan individu dengan pergerakan harus dibangun di atas ikatannya dengan Allah dan ajaran iislam. Sebab, pergerakan atau struktur bukan tujuan. Melainkan merupakan sarana untuk melaksanakan perintah Allah dan menggapai keridhoan-Nya, bukan sarana untuk mewujudkan kepentingan pribadi para aktivisnya.

2. Tidak Proporsional dalam Memposisikan Anggota
Problem ini selalu mengantarkan pada kegagalan aktifitas dan bergugurannya sebagian aktivis. Pergerakan yang profesional dan matang adalah pergerakan yang mengetahui kemampuan, kecendrungan dan bakat para anggotanya.

3. Tidak Memberdayakan Semua Anggota
4. Lemahnya Kontrol
5. Kurang Sigap dalam Menyelesaikan Persoalan
6. Konflik Internal
7. Pemimpin yang Lemah
Akan tetapi tatkala usia bertambah, tsaqafah berkembang dan situasi berubah, terungkaplah kelemahannya. Apabila hal itu dapat diatasi dan kelemahan pimpinan dapat ditutup-tutupi ( dengan cara tertentu ), maka pergerakan dapat diselamatkan . Tetapi bila tidak, maka pergerakan akan terpecak-pecah dan akhirnya binasa.
Kedua :Sebab-sebab yang Bersumber dari Individu

1. Watak yang Indisipliner
Ada beberapa orang yang tertarik pada pergerakan dalam situasi tertentu, atau karena sebab tertentu, atau karena sebab tertentu. Karena itu, dalam perjalanan kemudian, tak heran jika di antara mereka tak mampu beradaptasi dengan kebijakan pergerakan, serta tidak mampu mendengar dan taat kepadanya.

2. Takut Mati dan Miskin
Pengaruh dari sikap ini sangat besar dan mendalam. Selain dapat ,mengakibatkan frustasi pelaku dakwah, sikap seperti ini melemahkan jiwa manusia. Pintu inilah yang digunakan setan untuk memasuki jiwa orang-orang beriman dan para aktivis.

3. Sikap Ekstrem dan Berlebihan
Sikap ekstrem dan berlebihan dapat menjadi penyebab bergugurannya sebagian orang di jalan dakwah. Orang yang membebani diri melebihi kemampuannya, tidak menerima sikap moderat, dan bersikeras untuk berlebih-lebihan dalam segala hal, pasti akan mengalami frustasi kejiwaan dan keimanan.

4. Sikap Mempermudah dan Menganggap Enteng
Sikap seperti ini dapat menjadi sebab berjatuhan di jalan dakwah, seperti halnya sikap ekstrem dan sikap berlebih-lebihan. Orang yang mempermudah pelaksaan hukum Allah swt. dan menganggap enteng komitmen pada hukum-hukum syari’at, akan merasa termotivasi untuk bersikap longgar dalam hal yang kecil pada awalnya, lalu meningkat pada hal-hal yang besar.

5. Ghurur dan Senang Tampil
Faktor lain yang menjadi penyebab berjatuhan di jalan dakwah adalah penyakit ghurur ( tertipu oleh diri sendiri ) dan senang menampilkan diri. Penyakit batin ini sangat berbahaya, karena dapat menghancurkan jiwa para aktivis dakwah, merusak amal, menghapus pahala dan mencelakakan mereka di akhirat.

6. Cemburu terhadap Orang Lain
Di antara sebab yang membuat seseorang terjatuh di jalan dakwah adalah cemburu buta terhadap orang lain. Terutama, terhadap orang-orang yang terdepan, terpandang, sukses dan yang dikaruniai keahlian yang tidak dimiliki orang lain. Setiap jamaah menghimpun barisannya dengan beragam jenis orang yang memiliki tingkat keahlian berbeda. Begitu juga dengan keragaman kepribadian, kejiwaan, kefanatikan dan pemikiran.

7. Fitnah Senjata
Sikap ekstrem paling berbahaya adalah yang berkaitan dengan penggunaan kekuatan. Karena hal itu dapat menimbulkan petaka yang tidak hanya menimpa personal, tetapi juga dapat menimpa sebuah wadah pergerakan secara keseluruhan.

Ketiga :Sebab-sebab Eksternal

1. Tekanan Tribulasi
2. Tekanan Keluarga
3. Tekanan Lingkungan
4. Tekanan Gerakan Destruktif
5. Tekanan dari Figuritas

1 comment: