CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Apr 22, 2014

Sabar sebagai Salah Satu Ciri Orang Beriman



Sabar adalah satu kata yang selalu untuk menyemangati diri kita sendiri ketika disakiti atau ketika ujian hidup sedang diberikan oleh Alloh swt. Sabar itu memang tanpa batas. Kenapa sabar itu tanpa batas? Iya selama kita masih menghirup udara di muka bumi ini, maka ujian itu akan selalu akan menerpa kita. Ujian itu bukan karena Alloh tidak sayang kepada kita melainkan Alloh ingin menguji kita, seberapa kuat kita sebagai hamba-Nya ketika ujian itu datang apakah kita semakin beriman atau kita malah tidak beriman kepada Allah?
“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ’Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi ?Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.(Qs. Al-Ankabut : 2-3)
Sabar itu mudah banget diucapkan tapi sulit dicapai karena sabar, ilmu yang takkan ada habisnya. Beruntunglah mereka yang bisa melewati setiap ujian dari-Nya penuh dengan kesabaran sampai akhir hayatnya :')
Karena sabar tanpa batas maka yakinlah ada pahala yang Alloh siapkan tanpa batas.
Sesungguhnya orang-orang yang bersabar itu akan dipenuhi pahala mereka dengan tiada hitungannya.”(Q.S Az-Zumar:10)
“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri, harta mereka dengan memberikan jannah untuk mereka…” (Qs. At-Taubah : 111)
Amat menakjubkan keadaan orang mu’min itu, sesungguhnya semua keadaannya itu adalah merupakan kebaikan baginya dan kebaikan yang sedemikian itu tidak akan ada lagi seorangpun melainkan hanya untuk orang mu’min itu belaka. Apabila ia mendapatkan kelapangan hidup, iapun bersyukur, maka hal itu adalah kebaikan baginya. Apabila ia ditimpa musibah, maka iapun bersabar dan hal inipun adalah merupakan kebaikan baginya.” (HR. Muslim)
Jadi, bisa sedikit disimpulkan bahwa bersabar adalah ciri orang beriman. Dan hanya orang beriman yang mampu bersabar yang tanpa batas.
Lalu, bagaimana untuk membuat kesabaran yang tanpa batas ? Allah sudah mengajari orang-orang beriman :”Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, Allah beserta orang-orang yang sabar” (Al Baqarah : 153)
Dan yakinlah ujian yang Alloh berikan tidak akan melebihi kesanggupan kita.
 “Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al-Baqarah: 286)

Jadi, orang-orang beriman mampu bersabar yang tanpa batas bila kesabaran itu ditemani oleh sholat. Dan sholat juga merupakan salah satu ciri orang beriman. Dan karena keimanan itu, yang didukung oleh sabar dan sholat, maka Allah akan menolong dengan pertolonganNya yang Maha Kuat dan Adil. Pertolongan Allah akan muncul dengan cara yg manis dan baik, sehingga tidak ada lagi kesusahan yg tersisa di hati.
Semoga, kita bisa meningkatkan  kesabaran dan meningkatkan kualitas sholat kita, karena sholat adalah wujud penghambaan kita atas kepercayaan kepada Allah. Sehingga cobaan seberat apapun, akan terasa ringan karena adanya pertolongan Allah. Aamiin.
Wallahua’lam.

By: Anik Sofiyah

No comments:

Post a Comment