CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Nov 1, 2018

Kamu tetap milik Emak sampai kapanpun

Setelah menikah, pasti banyak kerikil-kerikil dalam pernikahan. 

Termasuk salah satunya hubungannya menantu-mertua. 

To be honest, sebaik-baik mertua tetap inginnya keluarga kita pisah ya. Bukan menjauh tapi kami percaya biarlah asem,asin, manis penikahan kami, mereka tak mengetahui. Biar kami yg telan sendiri.

Begitu yg kami rasakan selama 5 tahun penikahan ni. 

Tapi, lagi2 ujian keluarga beda2 ya.. 

Saya diingatkan dengan sebuah hadist 

Dari Aisyah r.a, ia berkata, saya berkata kepada Rasulullah SAW,”Ya Rasulullah, siapakah manusia yang paling besar haknya kepada seorang perempuan/istri? Beliau menjawab,”Suaminya.” Aku berkata,”Dan siapakah manusia yang paling berhak terhadap seorang laki-laki/suami? Beliau menjawab,”Ibunya.” (Hadits Riwayat Imam An-Nasa'i, Al-Hakim, dan Imam Al-Bazzar)

Hadist ini yg membuat saya selalu menganggap Emak (ibu mertua saya) seperti orang tua saya. 

Yang pertama saya tanya ke abang biasanya ketika uang beasiswa keluar, pasti saya bilang buruan kirim ke Emak n bapak.

Saya tahu sejak dulu, abang adalah tulang punggung keluarganya, buat km para istri yg sama seperti saya. Ingatkan ke pasangan bahwa orang tua adalah yg utama. Karena saya percaya beliau sukses, beliau Allah mudahkan tak lagi selain doa-doa mereka.

Misi yg sama dengan pasangan, saat menikah kita menyamakan misi salah satunya membahagiakan kedua orang tua kita. 

Kalo ada diantara mereka sedang sakit dan kesusahan tidak ada lagi yg "perhitungan" atau bahas2 gaji. Meski kami sudah menikah, kesehatan dan kebahagian mereka tetap utama buat kami.

Meski emak dan bapak dr pihak suami bukan orang tua kandung saya. Saya belajar mendengarkan apapun yg beliau ucapkan. Cobalah memberikan hadiah untuk mereka tak ada salahnya.Berikan waktu suami untuk keluarganya. 

Kalau kami mudik ke Indo biasanya 3-4 minggu. Karena kami tetanggaan, ga deket2 bgt si beda 400m-an. Kalo ba'da subuh abang sering berlama-lama di rumah emak. Bahkan klo tetangga tanya mana bini lu. Ada dirumah mertua (jawab suami).

Itu bukan berarti kami "pisah". Tapi kami percaya terkadang pasti orang tua kita rindu zaman2 sebelum menikah. 

Buat para isteri dan nasehat saya pribadi, sampai kapanpun suamimu tetap milik ibunya. Support terus agar ia selalu berbakti padanya. Meski sudah menikah, tak ada halangan tuk membuatnya tetap tersenyum. 😊 


No comments:

Post a Comment