CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Dec 18, 2018

Berdagang, apakah passion saya?

Beberapa hari lalu saya buat polling di instagram untuk mengshare tentang usaha baru saya. Saya beri nama Hijaz's Boutique. 😊

Sejujurnya saya ini tidak terlalu sabar dalam berjualan/berdagang. Dulu saat kuliah pernah mencoba jualan keripik dan jajanan ringan buat tambahan uang jajan. Alhamdulillah laku tapi management bisnisnya salah. Yang harusnya uang modal jangan dipakai buat jajan. Apalagi keuntungannya baru sedikit. Harusnya buat tambah modal lagi, bukan buat "hura2". 😉

Allah takdirkan saya mempunyai suami yg sebenarnya jiwanya jiwa pebisnis. Terbukti si beliau cerita saat kuliah s1, beliau salah satu pemenang start up buat buka usaha dengan di modali 8 juta. Tahun itu 8 juta menurutku cukup besar. Sayangnya bisnis memang harus ditekuni bukan disambi. Sepatu lukisnya sudah tak jalan lg.

Saat beliau s2 pun di korea, beliau buka usaha bersama temannya jasa tukar dan kirim won. Alhamdulillah dari sana beliau bs mendapat tambahan buat keluarga besarnya. Lagi2 berwirausaha selain harus fokus, diharuskan juga berinovasi. Skrg masih ada tapi tak semaju dulu. 😅

Lika-liku berdagang, beliau pun saat ini masih punya peternakan puyuh. Yah walo untungnya ga seberapa dan itu buat abangnya (kaka ipar). Berharap semua akan maju. Beliaulah sebenarnya menyemangati saya untuk berwirausaha(berdagang). 

Tibalah tahun kelima saya di saudi, memutuskan untuk berjualan abaya di KAUST. Berawal dr coba-coba. Saat itu setelah saya cek baby disalah satu RS Jeddah, Sy masih punya banyak waktu. Karna kami memang menggunakan bus yg disediakan pihak kampus suami (KAUST).

Saya izin kepada suami untuk berjualan abaya. Dan beliau mengizinkan. Meski modalnya tetap dr uang tabungan saya. 😂

Saya membeli kurang lebih 20buah baju. Ini modalnya lumayan. Setara nginep di Mekkah hotel bintang 5 saat akhir tahun. Agak ragu bakalan laku. Bismillah saja niatkan karena Allah. Memudahkan teman2 yg mau punya abaya tapi malas ke Jeddah. Dan berdagang merupakan sunnah Rasul. 

Di kaust ada grup Facebook bernama kaust for sale. Jd teman2 yg mau leaving, mau jual barang yg sudah tak dipakai atau masih baru tapi salah ukuran. Semua bisa dijual disana. Akhirnya, disanalah saya posting dagangan saya. Alhamdulillah MasyaAllah  Tabarakallah responnya sangat baik. Meski saya menemukan berbagai macam pembeli. Kurang dr 2 minggu saya sudah balik modal. Dan saya mengambil keuntungan tak banyak. Tapi, saya merasa ada kepuasan tersendiri dan saya  bahagia. 

Sebenarnya mau banget di jualin di Indo tapi, rasanya mahal di ongkir. Apakah ini akan berlanjut? Hmm rasa-rasanya saya tidak seexcited diawal. Hehe

Apakah berdagang itu passion saya, menurut saya bukan. Haha mungkin keturunan ibu saya. Doain ya mudah2an lancar dan berkah. 😊

No comments:

Post a Comment